Monday, September 6, 2010

Tips & Trik mendapat nilai besar pada Proyek Akhir

Mohon maaf baru sempet nulis lagi.
Nih Tips & Trik untuk mendapat nilai besar pada saat kita melaksanakan sidang Proyek Akhir, sekalian tak sertain contoh2 ala saya sendiri.

Judul
Judul emang kayanya hal yang langsung dilewat pas kita bimbingan, tapi pas sidang biasanya yang pertama ditanyaain itu judul bukunya. karena judul itu sebenernya menceritakan isi bukunya makanya judul harus nyambung sama isinya minimal abstraknya (yang itu pasti udah pada ngerti). Paling sering yang kena dijudul biasanya adalah titik berat atau fokus dari proyek kita dan kesesuaian dengan bidang atau tingkat pendidikan D3.
ex: "Analisa Arus Pendapatan Dana Melalui Sistem Manajemen Keuangan"

problem: Kalau judulnya kaya diatas berarti berat atau fokus dari proyek kita adalah untuk menganalisa, bukan untuk mengembangkan Sistem Manajemen Keuangan, kesalahannya untuk tingkat D3 itu lebih diharuskan untuk develop sistem bukan analisanya, dan yang lebih parah biasanya judul kita berat ke analisanya tapi ternyata isinya adalah pengembangan program (Ga nyambung).

tips & trik: untuk mensiasati masalah diatas sebenernya kita bisa merubah sedikit gaya bahasanya menjadi "Pengembangan Sistem Manajemen Keuangan sebagai alat bantu untuk Analisa Arus Pendapatan Dana".

Abstrak
Abstrak ini bagian yang paling sering kena revisi, biasanya karna abstrak dibuat sehari sebelum kita sidang (hehe) dan bisa ditebak isinya copy paste dari setiap awal kalimat di BAB, tanpa ada keterhubungan antara paragraf satu dengan lainnya di dalam abstrak. sebenernya ga terlalu susah buat abstrak, metodenya udah bener copy paste, tapi sedikit dikasih aliran kata biar setiap paragraf nyambung dan menggambarkan dari pendahuluan sampai kesimpulan & saran.

Latar Belakang
Latar belakang adanya di BAB I, dan di BAB inilah biasanya yang paling lama tanya jawabnya, sekaligus juga paling banyak penguji ngambil nilai.
"nilai yang paling besar dari PA kita itu bukan seberapa bagus, keren atau canggihnya aplikasi atau sistem yang kita bangun, tapi seberapa besar masalah yang bisa di atasi dengan sistem tersebut, dan tentunya bagaimana sistem kita mengatasinya".
Nah jadi senjata utama kita untuk earning big value adalah melalui BAB I, salah satunya melalui Latar Belakang. di latar belakang ini tempatnya kita menceritakan seberapa besar masalah atau seberapa parah kondisi sitem yang berjalan tanpa sistem yang akan kita buat, makin parah kondisinya makin bagus nilai kita (hehe).
ex:
1. "Pada PT XYZ untuk mengelola keuangan, sistem yang berjalan saat ini masih manual, sehingga banyak arus dana masuk maupun keluar tidak terekam dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan Sistem Manajemen Keuangan yang berbasis Teknologi Informasi guna pengelolaan keuangan di PT Tersebut".

2. "Pengelolaan stok barang pada PT XYZ saat ini masih menggunakan aplikasi MS EXCEL dimana masih terdapat redudansi data di dalamnya. Disamping itu tidak ada keterhubungan atau integrasi antar satu tabel dengan tabel lainnya, yang tentu saja mengakibatkan data tidak akurat. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan Aplikasi pengelolaan barang yang menggunakan Sistem Manajemen Basis Data"
Sangat diperlukan data yang akurat (baik dengan tabel ataupun grafik) untuk menunjang masalah-masalah yang kita kemukakan (biar realitas masalahnya tinggi)".

Rumusan Masalah & Kesimpulan
Setelah kita bercerita di latar belakang maka kita merumuskan masalah2 tersebut menjadi poin2 masalah di rumusan masalah. INGET! rumusan masalah adalah masalah2 yang nanti akan dan harus kita atasi melalui aplikasi atau sistem yang akan kita bangun. bagaimana parameter teratasinya masalah2 tadi adalah dengan kesimpulan.
ex
Rumusan Masalah: "Bagaimana membuat atau membangun sebuah aplikasi UAS online untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi dengan menggunakan cara ujian dengan paper based atau menggunakan kertas secara manual?"
Kesimpulan:"Dengan validasi data input pada Aplikasi UAS online data ujian dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi dengan menggunakan cara ujian dengan paper based atau menggunakan kertas secara manual".

Batasan Masalah
Batasan masalah juga salah satu senjata kita untuk membatasi pertanyaan2 dari penguji yang kadang ngalor ngidul, dengan merumuskan batasan masalah biasanya penguji tidak akan bertanya diluar konteks yang kita rumuskan dalam rumusan masalah.
ex: "Proyek akhir ini berkonsentrasi terhadap pembangunan (development) aplikasi UAS online dari segi pemrograman perangkat lunak, dan tidak akan membahas mengenai jaringan dan konfigurasinya dimana aplikasi ini akan di terapkan."

Landasan Teori atau Tinjauan Pustaka
di dalam tinjauan pustaka kita menulis segala sesuatu yang kita gunakan dalam Proyek Akhir ini diurutkan dari yang paling umum ke yang paling khusus
ex: Sistem Informasi & Aplikasi (penjelasan ttg apa yg itu SI dan aplikasi dan apa lingkup dari proyek akhir ini) --> Alat Bantu Sistem (penjelasan ttg diagram2 yang kita pakai dalam pemodelan sistem)--> Basis Data --> Bahasa Pemrograman --> dll
tips: dalam landasan teori atau tinjauan pustaka secara umum kita membahas teknologi2 yang kita gunakan misal bahasa pemrograman web, kita bahas PHP, JSP, ASP, dll tapi secara khusus dalam studi teknologi yang akan digunakan kita mengkomparasi dari PHP, JSP, ASP, mana yang paling sesuai dengan Proyek Akhir ini (Contoh pada PA saya yang bisa di download di blog ini).

BAB III & BAB IV kayanya butuh pembahasan tersendiri nanti saya tambahin lagi. Sekali lagi saya sampaikan bahwa Tips & Trik diatas berlandaskan pengalaman saya dan temen2 yang udah pada lulus, semoga membantu

6 comments:

  1. Alhamdulillah,, akhirnya muncul jg posting 'bout it.. Makasi :)

    Boleh nanya ya,,
    1. Judul
    --> itu kumaha ya klo kasusnya bukan pengembangan, tp bikin aplikasi dari awal. Sebelumnya, boleh minta tolong dijelasin pengertian 'Pengembangan' dari contoh judul yg disebutin di atas?

    2. Abstrak
    --> kenapa abstrak sering kena revisi? padahal rata2 copas dari BAB, klo abstrak revisi brarti isi dari BAB jg salah dong?

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah juga ada yang comment
    1. Judul
    yah kalo bikin aplikasi dari awal berarti namanya pembangunan, ga masalah mau pembangunan atau pengembangan karena keduanya masuk ke corenya D3. biasanya orang buat aplikasi juga kan disebut developer atau pengembang, jadi ngebuat dalam konteks IT bisa juga diartikan mengembangkan, mengembangkan dari existing system ke envisioned system baik existingnya masih manual sekalipun tapi kalau ada beberapa komponen yang saling terkait guna mencapai suatu tujuan itu juga kan disebut system. Nah developer kan tugasnya memasukkan sebuah komponen bisa berupa aplikasi sebagai alat bantu dalam sistem tersebut agar sistem tersebut lebih baik lagi.

    2 Abstrak
    abstrak sering kena revisi tapi biasanya ga berat ko, keseringan karena salah penulisan(biasa lah kadang kita ga teliti kalo ngerjain kopas), misal ga ada keywordnya, atau abstraknya hanya ringkasan BAB 1 ga sampe kesimpulan, dll.

    ReplyDelete
  3. Wah,ada posting baru nih...udah dibaca..makasyh yah bwat tips ma tambahan pengetahuannya...insyaAllah bermanfaat..a..min..

    mau nanya ka...
    a. Klo judulnya terlalu luas, ato kayak proyekan yang seharusnya dikerjain beberapa orang,tapi malah dikerjain 1 orang..kira2 waktu sidangnya bakal ada dipermasalahin sama penguji ga yah??

    b. klo di abstrak ato di latar belakang, perlu dijelasin g siapa aja yang jadi pengguna sistem..

    c.1 lagi..he2..klo batasan masalah itu...sebenernya apa aja yang kita kerjain,apa aja yang kita ga kerjain, ato campuran antara yang dikerjain ato ga???

    ReplyDelete
  4. a. Ga akan dipermasalahin kalo terlalu luas, kalo terlalu sederhana iyah...yang jadi masalah luas itu sanggup ga dikerjain sendiri, kalo engga yah jgn coba2 sidang kecuali di fokusin lagi, karena apa yang kita tulis di rumusan masalah harus diselesain semua

    b. pengguna sistem kan dijelasin di BAB III, nah abstrak itu kan isinya ringkasan dari semua BAB jadi sedikit aja dijelasin kalo emang perlu dijelasin

    c. batasan masalah itu apa yang ga dibahas, tapi untuk meramu kata2 yang bagus kan biasanya kita ngejelasin jg apa yang kita kerjain
    ex: Proyek Akhir ini berfokus pada pembuatan Aplikasi, dan tidak akan dibahas bagaimana konfigurasi jaringan untuk mendukung aplikasi tersebut

    ReplyDelete
  5. Hmm, moga aja ga ada masalah ma judul ak ya.. Amin :)

    Btw Syah, di posting ini blm masuk saran buat daftar pustaka

    ReplyDelete
  6. waaa, Tips & trik nya patut di terapkan saat nyusun PA tahun depan nie :D *biar sukses PA*

    ReplyDelete